October 04, 2011

HOW TO MANAGE UR TIME

Saya sering kali mendengar dan melihat bahkan merasakan "saya sangat sibuk" sehingga ga punya waktu untuk melakukan ini dan itu...klasik banget, sejak dulu kayanya masalah ini sering dikeluhkan oleh banyak orang...bahkan saya juga pernah punya pacar yang sibuk sekali, sampai tidak punya waktu untuk saya meskipun hanya sekedar makan bersama, atau sms pun tidak punya waktu....hmmmm....so classic...

Sebenarnya apakah memang waktu itu tidak bisa di manage agar ter-schedule dengan baik dan bisa berjalan dengan lancar? Saya pernah mendengar istilah " sebenarnya tidak ada orang sibuk di dunia ini, tetapi yang ada hanyalah orang yang memang tidak mau meluangkan waktu", saya setuju nih dengan istilah ini....mungkin banyak juga yang ga setuju dengan istilah ini sih.......Pernah juga seseorang bilang pada saya bahwa orang sibuk atau enggak itu adalah pilihannya...sebenarnya kita bisa saja memilih untuk ga sibuk kan? dan bisa aja milih untuk sibuk... Nah sebenarnya apa rahasia dalam me-manage waktu dengan baik? secara, untuk saya seorang dengan background ekonomi, yang pernah belajar manajemen, seharusnya menerapkan manajemen bukan hanya dalam perusahaan tetapi diterapkan dalam hal waktu, kalau dari sisi perusahaan , manajemen berfungsi mengatur jalannya perusahaan, dengan adanya departemen-departemen dan divisi-divisi dan juga pengambil keputusan, nah bagaimana kalau manajemen diterapkan dalam hal waktu? Kenyataan yang sebenarnya, kita terkadang tidak menggunakan waktu kita secara efektif dan efisien, seringnya ada kebiasaan untuk menunda-nunda pekerjaan atau tugas dari kampus atau peer dari sekolah, membuat kita "kelabakan" ketika deadlinenya tiba... yang seharusnya kita mengerjakan tugas-tugas itu ketika waktu senggang, tetapi kita ganti dengan main game, jalan2 ke mal, ngenet, chatting, atau nge-bbm....

Jujur saja, saya juga masih mencari formula yang pas dalam hal me-manage waktu ini, dan masih dalam proses juga....tetapi yang saya mau bagikan di sini adalah kuncinya adalah prioritas dalam menghabiskan waktu, misalnya nih seorang mahasiswa, prioritasnya pengen lulus dan cepet kerja, so ketika ada tugas dari kampus ya kerjakanlah, jangan maen dulu atau jangan jalan2 ke mal dulu, bukan berarti ga boleh, tetapi yang menjadi kewajiban dikerjakan terlebih dahulu., nah ketika semua kewajiban sudah tuntas, anda bisa manfaatkan waktu refreshing dengan menjalankan apa yang anda sukai....

Atau jika anda seorang karyawan, anda mengeluhkan bahwa tugas dari kantor sangatlah buanyak dan melelahkan, nah anda juga bisa membuat prioritas mana yang dikerjakan terlebih dahulu, kalau itu tugas team, maka bagilah tugas-tugas tersebut dengan team anda, dan beri deadline masing-masing anggota team untuk menyelesaikannya, nah kalo dikerjakan team sebenarnya tidak lah berat...dan jika itu tugas individu, maka ketika anda berada di kantor, maka manfaatkan lah waktu anda untuk mengerjakan semua tugas tersebut, jangan menunda-nunda pekerjaan, karena sekali anda menundanya maka tugas anda akan menumpuk di keesokan harinya....

Jujur saja, saya juga mengalami masalah ini, apalagi saya seorang yang ambisius, pengen belajar ini, pengen belajar itu, dan jika itu diturutin semua saya ga bisa kerja deh...Yang saya lakukan adalah karena saya orangnya pelupa, maka saya mempunyai sebuah note yang berisi catatan penting apa yang harus saya lakukan setiap hari, misalnya untuk kegiatan besok saya sudah tulis di sebuah note, apa yang akan saya lakukan besok, misalnya tugas kantor apa yang deadline, tugas-tugas dari kampus yang mana aja yang harus saya selesaikan, dengan note ini membantu saya untuk membuat prioritas yang mana yang saya dahulukan untuk dikerjakan...kalo saya sih lebih senang menulis di sebuah note, jadinya melekat di ingatan saya, boleh juga jika anda suka yang paperless, anda bisa catat di smartphone anda yang sekarang sudah sangat canggih, bahkan anda bisa menge-set alarm sebagai reminder anda untuk tugas apa yang harus anda lakukan.

Saya ingat satu hal, bahwa apa yang anda lakukan saat ini adalah cerminan anda di masa yang akan datang, ketika anda merasa cape atau mengeluh terus menerus, ingatlah apa yang anda lakukan saat ini dengan kerja keras, akan anda petik di masa yang akan datang....dan jangan lupa juga anda bisa melakukan semua tugas anda dengan bantuan teknologi saat ini, so manfaatkan lah teknologi yang ada yang memudahkan pekerjaan anda..... Meskipun apa yang anda lakukan sangat berat, ketika anda mempunyai tujuan yang ingin anda capai, maka waktu anda yang anda keluarkan saat ini merupakan investasi yang tidak ternilai............so Ganbatte Kudasai Minasan

0 comments: