September 11, 2011

Kalo dah Gede Ingin Jadi Apa?

Waktu kecil sering banget kan kita ditanyain, adek kalo udah gede pengen jadi apa? nah jawaban polos dari seorang anak kecil tuh macem-macem, yang saya inget ketika di bangku SD saya ditanyai kamu ingin jadi apa? saya langsung menjawab dengan pasti INGIN JADI AKUNTAN, nah padahal waktu itu saya sebenarnya ga tahu tuh akuntan tuh kerjaannya gimana, saya bisa tahu kosakata bernama AKUNTAN ini ketika saya menonton TV, waktu itu yang saya ingat ada wawancara dengan seorang akuntan di TVRI yaitu Dunia dalam berita, pasti masih ingat donk, kalau anda hidup di jaman batu eh salah jaman jadul sekitar tahun  90an lah...maklum saya bukan generasi muda 2000an , nah disana saya merasa tertarik saja dengan kosakata baru mengenai profesi ini. Biasanya kan anak kecil tahunya kalo ditanya adek kalo gede pengen jadi apa? langsung jawaban pengen jadi DOKTER, jadi ASTRONOT, dll, bahkan ada yang lebih geli lagi sih mendengar jawaban polos PENGEN JADI MANTEN, geli banget mendengar jawaban ini hehehehe....ngakak abis...




Dulu waktu di SMP entah anda mengalaminya atau tidak, ada jaman di mana sesama murid saling mengisikan secara bergantian note yang warna warni mengenai biodata yang isinya nama, alamat, tanggal lahir, no telp, kata mutiara, cita-cita, dan terakhir kesan dan pesan, nah sampai di bangku SMP pun cita-cita saya tidak berubah, tetep saya isi dengan tulisan AKUNTAN, yang waktu itu saya tahu akuntan itu kerjaannya itung duit, hehehe dari kecil dah mata duitan nih blinkkkkk $$$$$$ ijo deh matanya liat duit heeheheh...



Ketika menginjak SMA cita-cita itu sudah ga pernah muncul lagi di kepala saya, yang muncul adalah gimana caranya saya bisa masuk IPA, yang menjadi tujuan banyak orang biar lebih bergengsi dan dianggap pinter heehhehe...padahal ya nilainya pas2an juga...Untung juga sih bisa lulus....dan akhirnya masuk ke universitas, terjebak lagi dengan jurusan yang menggiurkan dan bergengsi, dan ikut2an juga....ikut temen mencoba masuk jurusan informatika, lulus tapi dipikir-pikir lagi nanti ga bisa keluar2 dari kampus, sampai akhirnya saya masuk jurusan akuntansi, yang juga merupakan saran dari kakak tertua saya. Akhirnya merasa terjebak pula berada di jurusan akuntansi, but in process saya bisa menikmatikanya juga. Pertengahan semester 2 saya menemukan impian masa kecil saya kembali, dan saya mengerti jika ada yang tanya sekarang mau jadi apa? tentu jawaban nya AKUNTAN... kembali ke selera asal deh...



Passion saya bertambah ketika di pertengahan kelulusan saya, saya mendapatkan pekerjaan part-time di sebuah perusahaan yang baru saja didirikan, mahasiswa culun yang mencoba peruntungannya mempraktekkan ilmu akuntansi yang dimilikinya, tapi herannya passion saya malah bertambah ketika saya bekerja, well mungkin karna saya mendapatkan uang dari pekerjaan tersebut.. di tambah lagi ketika saya secara resmi lulus dari universitas, saya melanjutkan pekerjaan saya ful-time. Keberuntungan saya lagi, ketika saya berhasil mendapatkan beasiswa dari kantor untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang berikutnya, but itu belum menjadikan saya seorang AKUNTAN. Akhirnya sayapun memutuskan untuk menjadikan diri saya sebagai seorang akuntan dengan menempuh pendidikan profesi akuntansi, sehingga saya resmi sebagai akuntan pada bulan ini. Bersyukur banget akhirnya saya bisa menyelesaikannya, perjalanan saya tidak berakhir sampai disini, ini baru permulaan dari impian masa kecil saya....

Bagaimana dengan cerita anda ketika mendapatkan pertanyaan ini ketika masih kecil dulu? apakah cita-cita anda sama dengan masa kecil dulu ataukah sudah berubah?

Ada satu cerita yang masih berhubungan juga dengan topik ini, yaitu ketika saya membaca blog orang lain yang menceritakan bahwa sebagai orang tua jangan membatasi impian atau cita-cita anaknya...seperti yang ada di film India 3 Idiots, yang salah seorang orangtua nya melarang anaknya menjadi fotografer tapi memaksakan kehendak untuk masuk jurusan teknik, but akhirnya si anak ini tetap mengikuti kata hatinya untuk menjadi fotografer, dan orang tuanya sadar bahwa tidak baik memaksakan kehendak kepada anaknya, nah di akhir blognya itu, si penulis blg bahwa dia adalah seorang ibu yang mempunyai seorang anak kecil, impian anaknya berubah ketika melihat mas mas yang mungut sampah, lalu anak kecil ini blg sama ibunya kalo nanti kalo dah gede adek pengen jadi PEMULUNG aja...hehehehe, si ibu hanya bisa ketawa ngakak dan dilema juga dalam hatinya bahwa orang tua tidak boleh memaksakan kehendaknya, tapi dalam kasus ini entah harus gembira atau sedih denger anaknya ingin jadi seorang PEMULUNG...



0 comments: