July 04, 2012

Suka Duka Online Shop

Saya sudah menekuni usaha online shop hampir 2 tahun terakhir ini, ketika itu saya masih bekerja di perusahaan, sampai akhirnya saya memutuskan untuk resign dan akhirnya fokus pada usaha online ini, produk yang saya jual adalah pakaian wanita...., berbeda dengan bekerja dengan perusahaan, di online shop ini jam kerja tidak terbatas, dalam artian di mana saja, kapan saja bisa melakukan transaksi jual beli, selain seneng ketika dagangan laris manis, tapi juga banyak dukanya, jadi kalau anda hanya melihat usaha online shop itu gampang, tunggu dulu, memang keliatannya mudah dan praktis, yang pasti disini selain jual produk sebenarnya juga menjual jasa, konsumen maunya dilayani serba cepat dan sampe barangnya juga cepat. Ini beberapa kendala yang dihadapi para usahawan online shop termasuk saya, yang kadangkala emosi tp harus ditahan dan suntuk....tapi yang namanya usaha mana ada yang mudah...semua harus ada usaha dan kerja kerasnya rite?


1. Ukuran
Setiap baju yang saya display di facebook atau di grup blackberry, ada 2 jenis informasi, yang pertama all size fit S to L, ini artinya baju ini bisa dipake semua ukuran dari ukuran S sampe L, biasanya memang tidak menyebutkan ukuran lingkar dada (bust) dan panjangnya (lenght), konsumen masih bisa bertanya kok berapa bust ama panjangnya. Jadi sebagai konsumen tanya sejelas2nya kalo ragu sama ukuran, untuk masalah ukuran ini saya sudah selayaknya memberikan informasi sejelas2nya juga kepada konsumen, karena barang yang sudah dipesan tidak bisa dikembalikan jika ga muat, karna informasi ukuran sudah diketahui oleh konsumen. Yang menganggu adalah ketika sudah diberitahukan bahwa all size, tetap saja ada konsumen yang tidak mengerti. Yang kedua saya memberikan ukuran bust dan panjang baju, tapi tetap saja ada yang bertanya, kenapa konsumen ga baca ya keterangan yang sudah diberikan, swt.....padahal disana sudah jelas tertulis.

Cust : Mba pesan yang ini ya ukuran S
Me   : Ini ukuran all size mba, jadi ukuran S bisa masuk sampe ukuran L
Cust : Ok mba ukuran S ya..
Me   :#$%#*((((())__&*

2. Bahan
Biasanya saya juga menambahkan bahan, misalnya bahan katun, bahan knit (rajut), bahan twistcone, nah untuk informasi bahan ini saya juga akan menjawab sejelas2nya membantu mendeskripsikan bahan, yang ga enak nih, ketika konsumen setuju beli baju A, ketika barang datang, orangnya komplain, bahwa bahannya kok beda, nah looo....haduuhh, sudah dijelaskan panjang lebar dan sudah deal sekarang protesss....huaaaa, kadang ada juga yang kalo saya tulis bahan knit (bahasa inggris) ditanya juga bahan knit tuh apaan sih? toenkkkkk....jadi amannya saya tulis rajut saja....


3.Warna
Sudah saya jelaskan kadang ada beberapa baju memang karena pengaruh cahaya akan berbeda dengan warna aslinya, tapi itu sangat jarang sekali, biasanya sebelum konsumen deal, saya sudah jelaskan misalnya warna purple na beda ama di foto, aslinya lebih tua, bahkan saya foto ulang dengan kamera bb saya dan saya kirimkan ke konsumen biar ga merasa ditipu, eh ketika barang sampai konsumennya protes warnanya kok beda, toeeeeenk swt.....ini yang salah siapa? sudah saya jelaskan di awal, ya emang dasar konsumennya yang remponk....untungnya sih ga banyak yang model kaya gini...


4.Batal pesan
Nah ini yang paling ga enak, konsumen dah pesen ini itu dan udah saya keep, eh ternyata orangnya batal, padahal konsumen sudah tahu aturan di online shop saya no cancel, cancel = blacklist, kontak bb saya malah dihapus, konsumen kaya gini merugikan sekali, makanya kalo ada konsumen kaya gini mending saya blacklist saja, menyusahkan sekali dan merugikan sekali, karena barang yang saya jual tidak semuanya ready, ada yang musti pesan dulu baru ready, makanya ketika saya pesan barang ke suplier saya sudah harus bayar cash, ketika konsumen saya batalin pesanannya otomatis saya harus menanggung barang yang sudah dipesan itu. Ini sering banget terjadi, khususnya untuk teman dekat, ketika ukuran ga muat, maka ga jadi dibeli, duh ini sangat2 merugikan saya...,  jadinya sekarang saya kapok kalo mau beli harus dah pasti dulu, kalo ragu ga akan saya layani..


5.Pengiriman terlambat
 Untuk jasa pengiriman saya memakai JNE, tidak selamanya pengiriman bisa tepat dengan waktu yang diperkirakan, kadang harusnya waktu pengiriman 3-4 hari, baru 2 hari konsumen dah marah2 kok ga sampe2 barangnya....swt...ni orang ga sabaran banget, padahal udah dikasi resi bisa dicek di website, tetep aja ni konsumen rewel, cape deh....kalau pengiriman terlambat yang harus disalahkan adalah pihak ke3 yaitu JNE nya, bukan ngomel2 sama saya....


Sementara 5 aja dulu ya, sebenarnya masih banyak kasus unik yang berhubungan dengan online shop yang pernah saya alami selama 2 tahun terakhir, nti kalo inget saya sambung lagi, berhubung mood lagi bagus nulis ini, karena kalo lagi jengkel rasanya gregetan bgt, khususnya konsumen remponk dan kepo, mau murah barang bagus dan dikirim cepat...cape deh dan bayar nya harus dikejar2 dulu baru transfer...huaaaaaa....tabahkan saya ya Tuhan..




1 comments:

Unknown said...

nah... keuntungan yg biasa kakak ambil brp ? apa keuntungan online shop itu banyak dalam hal laba ?