September 20, 2013

Dunia Digital

Dulu waktu saya smp, belom ada hanphone, yang ada cuma telpon rumah, itu pun hal yang baru, yah secara rumah saya di pelosok nun jauh di sana, jadi telpon adalah hal yang baru, jadi waktu dulu ketika kakak saya yang sma di yogya akan mengabarkan kabar penting ya lewat telegram, kalo bercerita panjang ya kirim surat via kantor pos. Karena kampung halaman saya kecil jadi alat telekomunikasi ga begitu terasa pentingnya untuk sesama teman, dulu sebelum ada telpon rumah ya dateng aja langsung ke rumah temen saya tersebut, secara rumahnya cuma beberapa langkah saja, praktis kan..


Yang menjadi masalah adalah di mana di kampung saja dulu juga belum ada Bank, karena kakak saya bersekolah di yogya maka urusan kirim uangpun menjadi masalah, jadi hanya melalui wesel via kantor pos, kasiannya lagi wesel sampe ke yogya sering terlambat, ya terpaksa puasa mereka hehe. Untungnya ketika jaman saya sma, sudah ada Bank di Tarempa, itupun hanya Bank milik pemerintah saja, kasian yah...


Beda dengan sekarang, dimana saja sudah serba digital, kampung saya yang dulunya pelosok pun menjadi dekat secara virtual, di mana sudah ada jaringan telekomunikasi handphone, hampir semua provider membangun towernya di sana, ya kadang meskipun masih sering trouble dengan jaringannya, blackberry pun sudah masuk, internet sudah bisa dirasakan semua orang disana (dulu terbatas hanya di kantor pemerintahan saja), so meskipun pelosok nun jauh disana, sekarang sudah lumayan maju loh...promosi or bangga tsssk.


Nah yang lucunya lagi, meskipun berjarak cuma sebelah rumah, komunikasi aja pake BBM, **gaya amit yak, sementara anak-anak mudanya juga bersaing gitu punya gadget terbaru dan tercanggih, padahal belom tentu bisa pake juga sih zzzzzz. Mama saya aja yang dulunya ga bisa sms tuh ya, sekarang bisa sms dengan lancar jaya, meskipun kadang susah bedain kalimatnya soalnya kaga ada titik komanya gitu, ya tapi udah termasuk bagus di antara para orang tua disana yang sama sekali ga bisa. Bahkan papa saya yang dulunya ga suka berbau gadget juga sekarang punya handphone. Jangankan orang tua, sekarang para anak sd pun udah pakai handphone, bahkan mereka lebih jago make-nya dibandingkan dengan orang dewasa, benar2 dunia digital berkembang luas.


Di tambah lagi dengan adanya media sosial yang berkembang dengan pesat, yang menjadi ajang narsis para penggunanya, ga hanya itu, sayapun memanfaatkannya untuk tempat berjualan, ya sekali dayung 2 pulau terlampaui kata pepatah **gubrak. Ya banyak nilai positif dan negatif juga sih, tergantung si pemakai mau menggunakannya sebagai nilai yang positif atau tidak. Biasanya sih kebanyakan untuk ajang pamer, pamer foto anak, pamer jalan2 keluar negeri, pamer makanan dan minuman mahal, pamer mobil, pamer rumah, yah macem2 lah sesuai kepunyaan.


Ya demam pamer ini sih, sampe mau pake baju apa hari ini istilah kerennya OOTD (outft of the day) difoto trus di share ke media sosial, ada yang pamer makan apa aja hari ini, ada yang pamer tempat makan juga tuh melalui cek-in di media sosial yang namanya foursquare...ya gpp lah ya suka2 yang pamer, kalo saya pamer apa yak, pamer jualan ajah yah...beli beli beli.


Pernah saya ngumpul dengan teman saya, bukannya ngobrol nih, tapi kita masing2 sibuk dengan gadget masing-masing, saya juga daripada bengong ya udah bbm aja deh, so sebenarnya buat apa ngumpul kalo gitu, kalo ngumpul cuma untuk ngurusin gadgetnya masing2 ya ga?? saya juga pernah mengalami di mana ga bisa lepas dari yang namanya BB, kalo orang liat saya, pasti lagi pegang BB, jempol kayanya dah mau melepuh ciehh lebay....nonton film pun masih pegang BB, tapi lama2 saya sadar juga ga mau dikontrol ama BB, secara tiap hari bikin esmosi jiwa...tobat, akhirnya mengurangi intensitas BB.


Dengan adanya dunia digital ini, semua kayanya menjadi terhubung, dari hp ke komputer, dari hp ke tv (bisa jadi remote), dan serba canggih, sekarang ngedit foto aja ga usah pake fotoshop hasilnya dah kaya fotoshop dengan bantuan aplikasi software yang friendly. Foto juga ga harus jadi fotografer profesional dulu untuk dpt hasil yang bagus, semua jadi serba mudah, tentu aja untuk dapetin yang bagus harganya sudah pasti selangit. 


Ya baru-baru ini gadget impian saya akan keluar di indonesia, Samsung Galaxy Note 3, harganya selangiittt, gimana mencapainya yah..secara blackberry tuh lemot minta ampyun, tiap hari bikin tensi tinggi. Ditambah lagi sekarang android mulai besok sudah bisa BBM, semakin pengen deh gadget impian ini...wish me luck.









0 comments: