June 17, 2013

Manusia Alay

Udah ga asing lagi denger istilah "alay", ya dunia sosial media yang merambah ke seluruh dunia membuat apa saja yang menjadi trend begitu cepat diinformasikan ke umum, dan karna itulah juga banyak orang-orang alay sekarang ini.


Alay didefinisikan lebay, terlalu berlebihan dan kesannya dibuat2...mungkin banyak dari kita juga secara ga sadar sudah terpengaruh virus alay ini. Entah mengapa lama2 saya kadang merasa sedikit terganggu dengan para alay ini.


Sekarang trendnya sosial media apa saja diikutin, mulai dari Facebook, Twitter, Path, Instagram, dll dan masih banyak lagi, belom lagi untuk line chatting dan telp benar2 bertebaran dimana2, dan fasilitas ini benar2 cocok untuk para alay.


Misalnya instagram, ajang untuk pamer foto, entah kenapa sekarang banyak sekali beredar foto makanan di instagram, pamer udah pernah makan dimana aja dan bentuk makanannya dishare di instagram, terlebih lagi jika makannya di luar negeri ini akan sangat2 bernilai tinggi, selain itu juga didukung dengan media sosial bernama foursquare, dengan ini kita bisa share kita lagi ada dimana, misalnya juga kalo lagi di luar negeri, keliatan nantinya di daerah mana, selain itu juga bisa untuk pamer makan dimana, di media sosial ini, siapa yang pernah check-in di foursquare paling banyak dengan tempat yang berbeda, maka akan mendapatkan point, istilahnya disini berlomba-lomba untuk dapetin point, yang akan membawa di posisi yang prestisius....


Para alay ini kenapa saya sebut alay, karena menurut saya sudah berlebihan gitu deh, berasa dirinya seorang selebriti yang tanpa hari tanpa upload foto narsis, entah itu makanan yang ia makan, baju yang ia pakai, rambut hari ini yang dia kreasikan, lipstik, kuteks, dll, semacam fever yang merambah ke siapa saja. Berasa ga penting juga liatnya sih, mending kalo dia emang selebriti, kan emang enak liatnya, karna mungkin selebriti tersebut memang cantik or ganteng, nah ini waktu bangun tidur aja foto, lagi minum es juga foto, begitu pula di foursquare, dimana2 check in kaya ga ada tempat lagi buat check in, di rumah aja check in.


Dah gitu virus alay ini bukan hanya bikin seseorang jadi suka pamer, kalo emang kaya sih mungkin sudah sewajarnya kalo emang pamer, wong emang kaya, tapi kalo emang ga punya banyak uang, tetapi sok jadi orang kaya itu yang salah, menjerumuskan diri sendiri ke dalam lubang yang digali sendiri, membuat besar pasak daripada tiang. Pengaruh sosial media begitu besar, sehingga tingkat konsumerisme masyarakat berkembang dengan pesat. Ga hanya remaja loh, ini sudah menjangkiti anak SD juga, keponakan saya saja sudah adiktif dengan yang namanya IPAD, padahal saya saja ga punya tuh, bahkan waktu dia ulang tahun minta kado ke saya IPAD, maunya IPAD terbaru, duh anak kecil aja sudah konsumtif. Katanya di sekolah harus pake IPAD, mencatat dengan menggunakan IPAD. Hmmm jaman saya SD masih pake buku tulis yang disampul dengan sampul coklat, yang sangat senang ketika dibelikan buku sinar dunia yang tebal selusin, dunia memang sekarang sudah berbeda.


Tapi ini sangat ironi ketika game tradisional sudah tidak populer lagi, anak sekarang maunya maen IPAD, kalo ga IPAD ga mau, padahal dulu saya waktu kecil mainya lompat karet, kelereng, gasing, congklak. Jaman yang serba canggih membuat kita malas untuk lebih kritis berpikir dan melakukan banyak hal, semua sudah ada teknologi yang melakukannya. Kita punya pilihan mau menjadikan teknologi seperti apa, so pilih alay atau biasa aja itu semua tergantung pribadi masing2.